1. Buatlah
anlisis konten dan tugas untuk satu mata pelajaran yang yang saudara ajarkan
(bina) di sekolah tempat mengajar dengan menggunakan pendekatan “Analisis
Instruksional”? analisis konten dan tugas yang di buat tersebut harus di dasarkan atas kebutuhan dan
kompetensi yang tertukur dengan memperhatikan kemampuan siswa dalam proses
pembelajaran yang di laksanakan .
·
ANALISIS
KONTEN DARI MATA PELAJARAN YANG DIAJARKAN DI SEKOLAH :
Mata Pelajaran :
Akuntansi Keauangan
Standar Kompetensi :
Memproses Dokumen Administarsi Kas dan Bank
Kompetensi Dasar :
Mempersiapkan Pengelolaan Administrasi Kas
Bank
Bank
Dalam Analisis Konten
ada beberapa komponen yang mempengaruhi :
1. Pembelajaran
yang ingin di capai
1. Dapat
menjelaskan pengertian perkiraan kas bank
2. Dapat
menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan kas bank
3. Dapat
mengidentifikasi peralatan yang digunakan dalam mengelola pencatatan kas bank
4. Dapat
menyiapkanbukti-bukti transaksi pemakain kas bank
5. Dapat
menyeabutkan bukti-bukti transaksi yang berhubungan dengan pemakian kas bank
6. Dapat
mengidentifikasi dokumen transaksi yang berhubungan dengan pemakaian kas bank.
2. Materi
yang ingin di ajarkan
1. Memverifikasi bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank
2. Pencatatan mutasi kas
bank
3. Pengertian rekonsiliasi bank
4. Dokumen transaksi ayng mempengaruhi saldo kas perusahaan
5. Penyebab terjadinya selisih kas
6. Bentuk rekonsiliasi bank
7. Penyusunan laporan rekonsiliasi bank
8. Data penyesuaian kas di bank
9. Jurnal penyesuaian kas di bank
10. Data penyesuaian kas di bank
3. Guru
dan anak didik yang memainkan peran serta dalam hubungan sosial tertentu.
1.
Memverifikasi bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank
2.
Melakukan pencatatan kas bank
3.
Memahami pengertian rekonsiliasi bank
4.
Mengdentifikasi dokumen transaksi yang mempengaruhi saldo kas perusahaan
5.
Mengetahui bentuk-bentuk rekonsiliasi bank
6.
Teliti dan rapi menyusun laporan rekonsiliasi bank
7.
Mengidentifikasi data penyesuaian kas di bank
8.
Membukukan data penyesuaian kas di bank
4.
Jenis kegaitan yang dilakukan
I. Pada Pertemuan Pertama (1)
a. Kegiatan
Awal terdiri dari : Apersepsi dan Motivasi
b. Kegiatan
Inti :
1. Aktiviatas
Guru
- Menjelaskan
pengertian Kas Banl
- Menjelaskan
peralatan yg digunakan dalam pencatatan kas bank serta membimbing siswa dalam
mengidentifikasnya
2. Aktivitas
Siswa
- Membaca
Modul
- Menjawab
dan mengajukan pertanyaan
- Mengidentifikasi
peralatan yang digunakan
- Menyiapkan
peralatan yang dibutuhkan
- Menyampaikan
hasil kerja
c. Kegiatan
akhir
1. Menyimpulkan
2. Evaluasi
3. Memberikan
tugas kepada peserta didik
II. Pada
Pertemuan Kedua (2)
a. Kegiatan
Awal terdiri dari, Apersepsi dan Motivasi
b. Kegaitan
Inti ;
1. Aktiviatas
Guru
- Menjelaskan
Konsep-konsep penting materi pembelajaran
- Memberikan
contoh format dokumen transaksi kas bank
- Membimbing
siswa dalam pengisian format setoran bank
- Memberikan
tugas kepada siswa berupa pengisian format setoran bank
2. Aktivitas
Siswa
- Membaca
modul
- Menjawab
dan mengajukan pertanyaan materi yang belum dimengerti
- Mengamati
contoh format slip setoran, jurnal penerimaan bank, cek dan daftar cek (Cek
Register)
- Mengerjakan
tugas yang diberikan
- Menyiapkan
hasil kerja
c. Kegiatan
Akhir
1. Menyiapkan
2. Evaluasi
3. Memberi
tugas kepada peserta didik
5.
Sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia
1.
Sumber Belajar :
- Modul Akuntansi Mengelola Administrasi
Kas Bank
- Buku Akuntansi Keuangan
2.
Bahan-bahan: Dokumen
a.
Kalkulator
b.
Alat tulis kantor
c.
Bukti kas keluar
d.
Cek
e.
Permintaan cek (Check request)
f.
Rekening koran bank (Bank statement)
2. Buatlah
skenario pembelajaran dengan menggunakan konsep konstruktivisme dengan
memperhatikan prinsif dan ciri-ciri belajar yang melekat pada konsep
konstruktivisme tersebut ? begitu pula, buatlah minimal dua bentuk evaluasi
dari konsep konstruktivisme dengan mengaplikasikan minial dua KD ( Kompetensi
Dasar ) dari mata pelajaran yang saudara bina dari sekolah
I.
Skenario Langkah-langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran :
Akuntansi Keauangan
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri I Tembilahan
Kelas/Semester :
II/3
Waktu :
2 X
45 Menit
A. Standar Kompetensi : Memproses Dokumen Administarsi Kas dan
Bank
B. Kompetensi Dasar :
Mempersiapkan Pengelolaan Administrasi
kas Bank
kas Bank
C. Indikator :
1.
Dapat menjelaskan pengertian perkiraan kas
bank
2.
Dapat menyiapkan perlalatan yang diperlukan
dalam pengelolaan kas bank
3.
Dapat mengidentifikasi peralatan yang
digunakan dalam mengelola pencatatan kas bank.
4.
Dapat menyiapkan bukti-bukti transaksi
pemakaian kas bank.
5.
Dapat menyebutkan bukti-bukti transaksi yang
berhubungan dengan pemakaian kas bank.
6.
Dapat mengidentifikasi dokumen transaksi yang
berhubungan dengan pemakaian kas bank.
D.
Metode :
- Ceramah dan
Praktek (Tanya Jawab)
- Pemberian tugas individu
- Praktek
- Pengamatan
E.
Materi Pokok :
1. Fungsi perkiraan kas bank
2. Dokumen-dokumen transaksi yang
berhubungan dengan kas bank
F. Sub Materi Pokok
1. Menyiapkan pengelolaan administrasi kas
bank secara lengkap
2.
Mengidentifikasi dokumen-dokumen transaksi kas bank
SKENARIO
LANGKAH-LANGKAH PENBELAJARAN
No.
|
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Membuka
pelajaran
· Menjelaskan
tujuan dan kompetensi pembelajaran hari ini.
|
· Memperhatikan
sekaligus mencatat kompetensi yang harus dicapai dalam materi ini.
|
5 menit
|
|
2.
|
Penyajian
|
· Guru
menerangkan materi secara singkat, tentang pengertian kas bank
· Guru
menjelaskan peralatan yang digunakan dalam penanganan kas bank serta
membimbing siswa dalam mengidentifikasinya
|
· Siswa
membaca modul dan memahaminya.
·
Siswa Menjawab dan mengajukan
pertanyaan
·
Siswa Mengidentifikasi peralatan
yang diperlukan
·
Siswa menyiapkan peralatan yang
dibutuhkan
·
Siswa menyampaikan hasil kerja
|
4 menit4 menit5 menit
|
Alokasi waktu untuk pembukaan, penyajian, dan penutup
fleksibel dan menyesuaikan waktui secara keseluruhan, yaitu 20 menit.
|
3.
|
Penutup
|
· Guru
merangkum pelajaran hari ini.
· Guru
memberikan Evaluasi
· Guru
memberikan tugas pada peserta didik
· Guru
menutup pelajaran Siswa memperhatikan dan mencatat kesimpulan
|
II.
Skenario Langkah-langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran :
Akuntansi Keauangan
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri I Tembilahan
Kelas/Semester :
II/3
Waktu :
2 X
45 Menit
D. Standar Kompetensi : Memproses Dokumen Administarsi Kas dan
Bank
E. Kompetensi Dasar :
Menghitung mutasi kas bank
F. Indikator :
1. Dapat menjelaskan pengertian saldo
awal kas bank
2. Dapat menyediakan
sumber data saldo awal kas bank
3. Dapat
mengidentifikasi saldo awal kas bank
4. Dapat
mengidentifikasi bukti penerimaan kas bank
5. Dapat
mengidentifikasi bukti pengeluaran kas bank
6. Dapat
mengklasifikasikan transaksi penerimaan bank
7. Dapat
mengklasifikasikan transaksi pengeluaran bank
8. Dapat
menghitung jumlah penerimaan kas bank
9. Dapat menghitung jumlah pengeluaran kas bank
D.
Metode :
- Ceramah dan
Praktek (Tanya Jawab)
- Pemberian tugas individu
- Praktek
- Pengamatan
E.
Materi Pokok :
1. Pengertian saldo awal kas bank
2.Dokumen-dokumen mutasi kas bank
3.
Perhitungan saldo awal kas bank
G.
Sub Materi Pokok
1. Memahami pengertian awal kas bank
2. Mengidentifikasi dokumen-dokumen mutasi
kas bank
3.
Menghitung saldo awal kas bank
SKENARIO
LANGKAH-LANGKAH PENBELAJARAN
No.
|
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Membuka
pelajaran
· Menjelaskan
tujuan dan kompetensi pembelajaran hari ini.
|
· Memperhatikan
sekaligus mencatat kompetensi yang harus dicapai dalam materi ini.
|
5 menit
|
|
2.
|
Penyajian
|
· Guru
menjelaskan tentang pengertian saldo awal kas bank
· Guru
menjelaskan sumber data saldo kas bank.
|
· Siswa
membaca modul dan memahaminya.
·
Siswa Menjawab dan mengajukan
pertanyaan
·
Siswa Mengidentifikasi peralatan
yang diperlukan
·
Siswa menyiapkan peralatan yang
dibutuhkan
·
Siswa menyampaikan hasil kerja
|
4 menit4 menit5 menit
|
Alokasi waktu untuk pembukaan, penyajian, dan penutup
fleksibel dan menyesuaikan waktui secara keseluruhan, yaitu 20 menit.
|
3.
|
Penutup
|
· Guru
merangkum pelajaran hari ini.
· Guru
memberikan Evaluasi
· Guru
memberikan tugas pada peserta didik
· Guru
menutup pelajaran Siswa memperhatikan dan mencatat kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar