Rabu, 30 Mei 2012

Analisis Konten untuk Mata Pelajaran Akuntansi


1.    Buatlah anlisis konten dan tugas untuk satu mata pelajaran yang yang saudara ajarkan (bina) di sekolah tempat mengajar dengan menggunakan pendekatan “Analisis Instruksional”? analisis konten dan tugas yang di buat  tersebut harus di dasarkan atas kebutuhan dan kompetensi yang tertukur dengan memperhatikan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran yang di laksanakan .

·         ANALISIS KONTEN DARI MATA PELAJARAN YANG DIAJARKAN DI SEKOLAH  :
Mata Pelajaran                   : Akuntansi Keauangan
Standar Kompetensi         : Memproses Dokumen Administarsi Kas dan Bank
Kompetensi Dasar                        : Mempersiapkan Pengelolaan Administrasi Kas                         
                                           Bank

Dalam Analisis Konten ada beberapa komponen yang mempengaruhi :
1.    Pembelajaran yang ingin di capai
1.    Dapat menjelaskan pengertian perkiraan kas bank
2.    Dapat menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan kas bank
3.    Dapat mengidentifikasi peralatan yang digunakan dalam mengelola pencatatan kas bank
4.    Dapat menyiapkanbukti-bukti transaksi pemakain kas bank
5.    Dapat menyeabutkan bukti-bukti transaksi yang berhubungan dengan pemakian kas bank
6.    Dapat mengidentifikasi dokumen transaksi yang berhubungan dengan pemakaian kas bank.

2.    Materi yang ingin di ajarkan
1.    Memverifikasi bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank
2.    Pencatatan mutasi kas  bank
3.    Pengertian rekonsiliasi bank
4.    Dokumen transaksi ayng mempengaruhi saldo kas perusahaan
5.    Penyebab terjadinya selisih kas
6.    Bentuk rekonsiliasi bank
7.    Penyusunan laporan rekonsiliasi bank
8.    Data penyesuaian kas di bank
9.    Jurnal penyesuaian kas di bank
10. Data penyesuaian kas di bank

3.    Guru dan anak didik yang memainkan peran serta dalam hubungan sosial tertentu.
1.   Memverifikasi bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank
2.   Melakukan pencatatan kas bank
3.   Memahami pengertian rekonsiliasi bank
4.   Mengdentifikasi dokumen transaksi  yang mempengaruhi saldo kas perusahaan
5.   Mengetahui bentuk-bentuk rekonsiliasi bank
6.   Teliti dan rapi menyusun laporan rekonsiliasi bank
7.   Mengidentifikasi data penyesuaian kas di bank
8.   Membukukan data penyesuaian kas di bank

4.    Jenis kegaitan yang dilakukan
I.  Pada Pertemuan Pertama (1)
a.    Kegiatan Awal terdiri dari : Apersepsi dan Motivasi
b.    Kegiatan Inti :
1.    Aktiviatas Guru
-       Menjelaskan pengertian Kas Banl
-       Menjelaskan peralatan yg digunakan dalam pencatatan kas bank serta membimbing siswa dalam mengidentifikasnya
2.    Aktivitas Siswa
-       Membaca Modul
-       Menjawab dan mengajukan pertanyaan
-       Mengidentifikasi peralatan yang digunakan
-       Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
-       Menyampaikan hasil kerja
c.    Kegiatan akhir
1.    Menyimpulkan
2.    Evaluasi
3.    Memberikan tugas kepada peserta didik
II.       Pada Pertemuan Kedua (2)
a.    Kegiatan Awal terdiri dari, Apersepsi dan Motivasi
b.    Kegaitan Inti ;
1.    Aktiviatas Guru
-       Menjelaskan Konsep-konsep penting materi pembelajaran
-       Memberikan contoh format dokumen transaksi kas bank
-       Membimbing siswa dalam pengisian format setoran bank
-       Memberikan tugas kepada siswa berupa pengisian format setoran bank
2.    Aktivitas Siswa
-       Membaca modul
-       Menjawab dan mengajukan pertanyaan materi yang belum dimengerti
-       Mengamati contoh format slip setoran, jurnal penerimaan bank, cek dan daftar cek (Cek Register)
-       Mengerjakan tugas yang diberikan
-       Menyiapkan hasil kerja
c.    Kegiatan Akhir
1.    Menyiapkan
2.    Evaluasi
3.    Memberi tugas kepada peserta didik
              
5. Sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia
1. Sumber Belajar :
    - Modul Akuntansi Mengelola Administrasi Kas Bank
    - Buku Akuntansi Keuangan
2. Bahan-bahan: Dokumen
a.  Kalkulator
b.  Alat tulis kantor
c.   Bukti kas keluar
d.  Cek
e.  Permintaan cek (Check request)
f.    Rekening koran bank (Bank statement)














2.    Buatlah skenario pembelajaran dengan menggunakan konsep konstruktivisme dengan memperhatikan prinsif dan ciri-ciri belajar yang melekat pada konsep konstruktivisme tersebut ? begitu pula, buatlah minimal dua bentuk evaluasi dari konsep konstruktivisme dengan mengaplikasikan minial dua KD ( Kompetensi Dasar ) dari mata pelajaran yang saudara bina dari sekolah

I.             Skenario Langkah-langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran                     : Akuntansi Keauangan
Satuan Pendidikan             : SMK Negeri I Tembilahan
Kelas/Semester                    : II/3
Waktu                                     : 2  X  45 Menit
A.   Standar Kompetensi     : Memproses Dokumen Administarsi Kas dan Bank
B.   Kompetensi Dasar         :  Mempersiapkan Pengelolaan Administrasi                           
                                         kas Bank
C.   Indikator                           :
1.    Dapat menjelaskan pengertian perkiraan kas bank
2.    Dapat menyiapkan perlalatan yang diperlukan dalam pengelolaan kas bank
3.    Dapat mengidentifikasi peralatan yang digunakan dalam mengelola pencatatan kas bank.
4.    Dapat menyiapkan bukti-bukti transaksi pemakaian kas bank.
5.    Dapat menyebutkan bukti-bukti transaksi yang berhubungan dengan pemakaian kas bank.
6.    Dapat mengidentifikasi dokumen transaksi yang berhubungan dengan pemakaian kas bank.



D. Metode                              :
- Ceramah dan Praktek (Tanya Jawab)
- Pemberian tugas individu
- Praktek
- Pengamatan

E. Materi Pokok                    :
1. Fungsi perkiraan kas bank
2. Dokumen-dokumen transaksi yang berhubungan dengan kas bank

F. Sub Materi Pokok
1.      Menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank secara lengkap
2.      Mengidentifikasi dokumen-dokumen transaksi kas bank

SKENARIO LANGKAH-LANGKAH PENBELAJARAN
No.
Tahap
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
·  Membuka pelajaran
·  Menjelaskan tujuan dan kompetensi pembelajaran hari ini.
·       Memperhatikan sekaligus mencatat kompetensi yang harus dicapai dalam materi ini.
5 menit

2.
Penyajian
·  Guru menerangkan materi secara singkat, tentang pengertian kas bank
·  Guru menjelaskan peralatan yang digunakan dalam penanganan kas bank serta membimbing siswa dalam mengidentifikasinya

·       Siswa membaca modul dan memahaminya.
·       Siswa Menjawab dan mengajukan pertanyaan
·       Siswa Mengidentifikasi peralatan yang diperlukan
·       Siswa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
·       Siswa menyampaikan hasil kerja
4 menit4 menit5 menit












Alokasi waktu untuk pembukaan, penyajian, dan penutup fleksibel dan menyesuaikan waktui secara keseluruhan, yaitu 20 menit.
3.
Penutup
·  Guru merangkum pelajaran hari ini.
·  Guru memberikan Evaluasi
·  Guru memberikan tugas pada peserta didik
·  Guru menutup pelajaran Siswa memperhatikan dan mencatat kesimpulan




II.           Skenario Langkah-langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran                     : Akuntansi Keauangan
Satuan Pendidikan             : SMK Negeri I Tembilahan
Kelas/Semester                    : II/3
Waktu                                     : 2  X  45 Menit
D.   Standar Kompetensi     : Memproses Dokumen Administarsi Kas dan Bank
E.   Kompetensi Dasar         :  Menghitung mutasi  kas bank                                                                   
F.    Indikator                           :
1.    Dapat menjelaskan pengertian saldo awal kas bank
2.    Dapat menyediakan sumber data saldo awal kas bank
3.    Dapat mengidentifikasi saldo awal kas bank
4.    Dapat mengidentifikasi bukti penerimaan kas bank
5.    Dapat mengidentifikasi bukti pengeluaran kas bank 
6.    Dapat mengklasifikasikan transaksi penerimaan bank
7.    Dapat mengklasifikasikan transaksi pengeluaran bank
8.    Dapat menghitung jumlah penerimaan kas bank
9.     Dapat menghitung jumlah pengeluaran kas bank
D. Metode                              :
- Ceramah dan Praktek (Tanya Jawab)
- Pemberian tugas individu
- Praktek
- Pengamatan

E. Materi Pokok                    :
1. Pengertian saldo awal kas bank
       2.Dokumen-dokumen mutasi kas  bank
3.      Perhitungan saldo awal kas bank

G.   Sub Materi Pokok
1.    Memahami pengertian awal kas bank
2.    Mengidentifikasi dokumen-dokumen mutasi kas bank
3.    Menghitung saldo awal kas bank


SKENARIO LANGKAH-LANGKAH PENBELAJARAN
No.
Tahap
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
·  Membuka pelajaran
·  Menjelaskan tujuan dan kompetensi pembelajaran hari ini.
·       Memperhatikan sekaligus mencatat kompetensi yang harus dicapai dalam materi ini.
5 menit

2.
Penyajian
·  Guru menjelaskan tentang pengertian saldo awal kas bank
·  Guru menjelaskan sumber data saldo kas bank.

·       Siswa membaca modul dan memahaminya.
·       Siswa Menjawab dan mengajukan pertanyaan
·       Siswa Mengidentifikasi peralatan yang diperlukan
·       Siswa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
·       Siswa menyampaikan hasil kerja
4 menit4 menit5 menit












Alokasi waktu untuk pembukaan, penyajian, dan penutup fleksibel dan menyesuaikan waktui secara keseluruhan, yaitu 20 menit.
3.
Penutup
·  Guru merangkum pelajaran hari ini.
·  Guru memberikan Evaluasi
·  Guru memberikan tugas pada peserta didik
·  Guru menutup pelajaran Siswa memperhatikan dan mencatat kesimpulan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar